Bukit Campuhan Ubud : Objek Wisata, Fasilitas, Lokasi & Harga Tiket

Bukit Campuhan Ubud
Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Ubud Bali adalah salah satu tempat wisata alam perbukitan yang sangat indah di Bali, destinasi yang satu ini umumnya digunakan untuk prewedding. Tak hanya itu saja, Bukit Campuhan juga sangat cocok digunakan sebagai tempat bersepeda, trekking atau hanya ingin berswafoto saja.

Tempat ini juga memiliki sejarahnya tersendiri. Dengan nama khasnya Campuhan Ridge Walk bagi turis asing dan Bukit Suci Gunung Lebah untuk masyarakat setempat.

Sejarah nama tersebut muncul dari lokasi Bukit Campuhan yang berada di dalam kawasan Pura Gunung Lebah. Makna dari kata “Lebah” dengan bahasa Bali adalah “Rendah“.

Bacaan Lainnya

Bukit Campuhan mulai muncul pada saat seseorang pendeta Hindu yang datang dari tanah Jawa yang melakukan spiritual “Rsi Markendya“. Dimana, seorang pendeta tersebut merasa kagum dengan bukit kecil yang merupakan dua aliran sungai yakni sungai Oos dan juga sungai Cerik.

Oleh sebab itulah dibuat Pura Gunung Lebah dengan makna bukit kecil di lembah yang menjadi tempat mediasi dan membuka kawasan hutan di seputaran pura sebagai tempat-tempat permukiman yang saat ini dikenal dengan nama Ubud, Bali.

Mengingat areanya dipandang suci oleh masyarakat lokal. Maka sangat disarankan bagi para wisatawan menjaga etika, menjaga kebersihan dan ketenangan di dalamnya, jika nantinya terjadi pelanggaran sesuai dengan yang sudah ditetapkan. Maka akan diberikan sanksi adat berbentuk denda.

Objek Wisata Bukit Campuhan

1. Bukit Campuhan Ridge Walk

Bukit Campuhan Ridge Walk

Bukit campuhan merupakan salah satu rute trekking yang paling populer dan terkenal di daerah ini, yakni Bukit Campuhan Ridge Walk.

Jalur tersebut dikenal lantaran memiliki suguhan keindahan alam yang khas dari suasana Bali yang cukup kental. Bahkan, Bukit Campuhan menjadi salah satu tempat wisata di Gianyar Bali dengan spot terbaik.

Maka tak perlu diherankan lagi banyak dari mereka yang selalu berkunjung ke destinasi ini untuk berfoto ria lantaran sangat instagramable.

2. Spot Foto

Spot Foto Bukit Campuhan Ubud

Bukit Campuhan Ubud juga memiliki segudang sudut yang tak kalah menarik untuk diabadikan oleh para wisatawan pada saat berkunjung ke Bukit Campuhan.

Sangat disarankan apabila Anda ingin berkunjung ke wisata ini di pagi hari sebelum matahari muncul atau sore hari.

Apalagi pada saat musim cerah tiba, kabut pagi yang ada di daerah ini akan bertemu dengan sunrise sehingga akan menjadi salah satu pemandangan yang sangat menakjubkan.

3. Sunset

Sunset Bukit Campuhan

Apabila diantara Anda penyuka sunset, maka sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini di sore hari. Pasalnya, di tempat ini Anda akan dimanjakan dengan panorama langit senja yang terlihat keemasan dengan kombinasi pemandangan alam sekitar yang sebagian besar dipenuhi oleh tumbuhan ilalang.

Namun, kembali lagi tergantung dari cuaca pada saat ini. Oleh karena itu, direkomendasikan mengunjungi Bukit Campuhan Ubud pada musim cerah.

4. Kuliner

Cafe Bukit Campuhan Ubud

Mengingat jalur trekking di tempat ini cukup panjang, yakni 2 kilo meter. Tentunya Anda harus berbekal minum atau pun makanan untuk mengisi perut agar tidak kelelahan pada saat berada di jalur Bukit Campuha.

Jika memang Anda lupa atau memang tidak membawa bekal dari rumah atau toko gerai terdekat pada saat menuju lokasi, maka tidak perlu khawatir.

Pasalnya, pada area bukit campuhan terdapat warung serta cafe dengan beragam menu yang siap untuk disantap. Namun, pastikan Anda membawa bekal uang tunai.

5. Jogging dan Trekking

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas bahwasannya untuk jalur dari Bukit Campuhan Ubud ini berjarak 2km. Sehingga, sangat pas untuk dijadikan trekking atau jogging untuk berolahraga di pagi hari atau sore hari.

Tak hanya itu saja, pemandangan yang ada di Bukit Campuhan Ubud juga sangat menakjubkan sehingga jogging tidak akan begitu melelahkan.

Fasilitas Bukit Campuhan Ubud

Pada tempat ini tentunya ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang berkunjung. Beberapa diantaranya adalah hotel atau penginapan yang berada di dekat dengan lokasi Bukit Campuhan. Selain itu saja, beberapa fasilitas yang ada di tempat ini juga cukup banyak, diantaranya adalah:

  • Wilayah parkir kendaraan yang terbilang cukup luas.
  • Tersedia toilet bagi para wisatawan.
  • Tersedia tempat istirahat.
  • Adanya warung dan cafe di area Bukit Campuhan.
  • Penyewaan sepeda gayung.
  • Dan lain sebagainya.

Lokasi dan Rute Bukit Campuhan Ubud

Lokasi dari Bukit Campuhan ini berada di Jl. Bangkiang Sidem, Payangan, Ubud, Gianyar, Pulau Bali 80571. Untuk menuju ke wisata yang satu ini Anda tempuh dari pusat kota dengan jarak tempuh kurang lebih selama 1 jam.

Dari pusat kota Anda bisa menuju ke arah barat hingga sampai di hotel Ibas yang berada di Ubud. Kemudian Anda bisa belok kiri dengan jalan yang agak menurun untuk sampai di Bukit Campuhan Ubud, kira-kira jaraknya kurang lebih berkisar 10 meter saja.

Nantinya akan ada pemuda dan pemudi asli Bali yang akan mengarahkan Anda ke Bukit Campuhan.

Harga Tiket Bukit Campuhan Ubud

Jika Anda ingin berlibur untuk menghemat uang, maka sangat disarankan untuk berkunjung ke Bukit Campuhan Ridge Walk Ubud, Bali. Sebab, untuk harga tiket masuk atau HTM ke lokasi ini gratis sehingga akan menghemat pengeluaran.

Meski gratis, pemandangan yang ada di Bukit Campuhan juga sangat menakjubkan. Sehingga para wisatawan tidak akan menyesal apabila berkunjung ke destinasi ini.

Oh iya, para wisatawan juga nantinya akan diharuskan untuk membayar uang parkir sebesar Rp5.000,- rupiah saja. Menariknya lagi, Anda bisa berkunjung ke tempat ini tanpa adanya batasan waktu alias buka 24 Jam.

Itulah kiranya informasi yang dapat disampaikan mengenai destinasi wisata Bukit Campuhan Ubud yang diharapkan bisa membantu banyak orang dan dijadikan referensi menarik.

Rate this post

Pos terkait