14 Cara Ganti Nomor DANA yang Hilang atau Tidak Aktif

Cara Ganti Nomor DANA yang Hilang atau Tidak Aktif

Cara Ganti Nomor DANA yang Hilang – Seperti yang diketahui bersama bahwasannya DANA merupakan sebuah aplikasi dompet digital yang sangat aman dan terpercaya di Indonesia, bahkan aplikasi ini sangat populer di kalangan banyak orang khususnya bagi mereka yang sering melakukan transaksi secara non tunai, maupun menerima uang dari orang lain serta aplikasi penghasil uang tercepat. Tak hanya itu saja, pengguna juga dapat melakukan pembayaran cicilan, tagihan, hingga berbelanja di e-commerce yang telah bermitra dengan aplikasi DANA. Dengan adanya aplikasi ini tentunya akan sangat membantu banyak oang khususnya yang masih belum memiliki rekening untuk melakukan transaksi secara non tunai maupun menerima uang, dan lain sebagainya.

Untuk proses pendaftarannya sendiri juga cukup mudah, dimana pengguna hanya perlu menyiapkan nomor handphone yang masih aktif dan dapat dihubungi. Namun, setelah mendaftar menggunakan nomor handphone pengguna hanya dapat mengakses beberapa fitur saja seperti menerima uang, hingga saldo maksimal sebesar Rp 2.000.000,- rupiah saja. Untuk fitur lain seperti transfer uang, dan sebagainya mungkin tidak dapat diakses penggunanya yang masih belum melakukan upgrade akun.

Oleh sebab itu, penulis sangat merekomendasikan penggunanya untuk melakukan upgrade akun untuk menikmati berbagai macam fitur menarik seperti maksimal saldo hingga Rp 10.000.000,- rupiah, dapat melakukan transfer uang ke sesame pengguna dan orang lain, dan beberapa fitur lainnya. Namun, pengguna diharuskan menyiapkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk proses upgrade akun, dapat disimpulkan pengguna diharuskan berusia minimal 17 tahun.

Agar proses transaksi menjadi lebih lancar, pengguna diharuskan mengirimkan nomor handphone terdaftar kepada seseorang yang mengirimkan Anda uang. Sehingga peran nomor handphone ini snagat penting, namun sebagian orang selalu kehilangan kartu SIM mereka, hal ini mungkin sudah cukup wajar mengingat ukuran kartu SIM terbilang kecil sehingga jatuh secara tidak sengaja. Selain hilang, biasanya pengguna DANA juga sering mengalami nomor handphone mereka tidak aktif lantaran tidak pernah diperpanjang dengan cara mengisi pulsa pada provider tersebut.

Perlu diketahui bersama apabila nomor tersebut hilang atau sudah tidak aktif, maka proses transaksi akan menjadi tidak lancar serta keamanan akun sudah tidak aman lagi. Dengan demikian, pengguna diharuskan memperpanjang masa aktif tersebut dengan cara mengunjungi kantor provider kartu SIM yang Anda gunakan terdekat untuk meminta bantuan dalam memperpanjang masa aktif. Akan tetapi cara ini tidak dapat dilakukan oleh semua orang lantaran kantor provider seluler hanya dapat dikunjungi di pusat kota saja.

Nah jika Anda mengalami hal serupa, maka tidak perlu khawatir lagi dikarenakan saat ini Anda sudah berada di artikel yang tepat terkait dengan cara ganti nomor DANA yang hilang atau sudah tidak aktif lagi. Oh iya, penulis harapkan Anda menyimak artikel di bawah ini hingga selesai agar tidak ada informasi penting yang terlewatkan.

Syarat Ganti Nomor DANA yang Hilang atau Tidak Aktif

Sebelum memasuki pembahasan utama, setidaknya Anda diharuskan melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan untuk proses pemulihan nomor DANA ke yang baru. Dimana persyaratannya sendiri juga terbilang sangat mudah, dimana Anda hanya diminta menyiapkan syarat berikut ini:

  • Nomor handphone baru dan belum pernah terdaftar di aplikasi DANA sebelumnya.
  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dahulu digunakan dalam proses upgrade akun menjadi premium.
  • Foto selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dahulu digunakan dalam proses upgrade akun menjadi premium.
  • Usahakan pengambilan foto identitas terlihat lebih jelas dan tidak blur atau buram.

Cara Ganti Nomor DANA yang Hilang atau Tidak Aktif

Jika Anda sudah mengetahui beberapa persyaratan yang dibutuhkan dalam proses pemulihan, maka selanjutnya langsung saja masuk ke pembahasan utama mengenai cara ganti nomor DANA yang hilang atau tidak aktif. Simak panduan lengkapnya di bawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi DANA dan login terlebih dahulu.
  2. Jika nantinya Anda diharuskan memasukan kode OTP, silahkan klik saja “Nomor Hilang”.
  3. Nantinya Anda akan langsung dihadapkan dengan halaman penggantian nomor akun DANA, biasanya akan terlihat beberapa menu seperti “Ganti Nomor” dan selanjutnya pilih “Saya sudah tidak pakai nomor HP yang lama”.
  4. Kemudian silahkan masukan masukan alamat email Anda yang sudah terdaftar sebelumnya.
  5. Setelah itu Anda akan langsung mendapatkan balasan email dari CS DANA, silahkan ikuti saja beberapa persyaratan tersebut seperti melampirkan foto KTP, dan sebagainya yang sesuai dengan yang telah dijelaskan di atas.
  6. Selanjutnya Anda akan mendapatkan email balasan berisi pertanyaan konfirmasi penggantian nomor HP akun DANA, silahkan balas saja email tersebut dengan konfirmasi bahwasannya Anda ingin melakukan penggantian nomor HP akun DANA.
  7. Beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan link konfirmasi penggantian nomor DANA melalui SMS di nomor handphone baru, klik saja link tersebut untuk melakukan konfirmasi bahwasannya Anda menyetujui.
  8. Kemudian silahkan buka kembali aplikasi DANA.
  9. Selanjutnya silahkan login dengan nomor handphone dan OTP yang telah Anda dapatkan sebelumnya.
  10. Selesai dan akun DANA siap digunakan kembali.

Call Center DANA

Setiap platform atau aplikasi tentunya memiliki call center untuk membantu penggunanya mengalami permasalahan di dalam aplikasi, khususnya juga aplikasi DANA. Jika nantinya Anda mengalami kesulitan atau proses penggantian nomor dirasa cukup lama, maka Anda dapat menghubungi customer service DANA melalui di bawah ini:

  • Nomor Telepon : 0804-1500-445
  • Email : help@dana.id / merchant.services@dana.id
  • Nomor WhatsApp : 0811-1500-445

Akhir Kata

Itulah kiranya penjelasan kali ini terkait dengan cara ganti nomor DANA yang hilang atau tidak aktif, dapat disimpulkan bahwasannya cara yang sudah penulis jelaskan di atas terbilang cukup mudah. Pasalnya, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan secara lengkap dan detail agar proses berjalan dengan lancar. Menariknya lagi, Customer Service DANA jam operasionalnya terbilang sangat panjang yakni pukul 09.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB mulai dari hari senin sampai dengan hari minggu.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Daftar Isi