Supervisor Marketing Adalah: Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Pengertian Supervisor Marketing

Supervisor Marketing Adalah – Banyak diantara mereka yang seringkali melontarkan pertanyaan seperti apa sih itu supervisor marketing beserta tugas dan tanggung jawabnya? Hal ini memang seringkali ditanyakan apabila Anda baru saja menempati posisi baru di perusahaan Anda sebagai seorang supervisor marketing. Jika disederhanakan, Seorang supervisor marketing merupakan pimpinan bagi para bawahannya. Asumsikan saja pada perusahaan yang bergerak di bidang retail, maka semua kasir akan melaporkan pekerjaan kepada supervisor kasir.

Begitu juga halnya seperti supervisor marketing yang memegang peran penting dalam dapartemen pemasaran di suatu perusahaan. Nantinya, manajer akan memberikan banyak tugas kepada supervisornya yang nantinya supervisor akan meneruskan tugas tersebut ke bawahannya. Tugas yang dimiliki supervisor marketing ini adalah memimpin seluruh karyawan di perusahaan di bidang marketing untuk melakukan berbagai strategi pemasaran agar optimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Tak hanya itu saja, Supervisor Marketing juga memiliki hubungan kerja dengan dapartemen perusahaan internal dan juga eksternal dengan pihak supplier, agen, konsumen dan yang berkaitan dengan aspek bisnis perusahaannya. Nah, berikut ini penulis akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu supervisor marketing hingga tugas dan tanggung jawab supervisor marketing.

Pengertian Supervisor Marketing Adalah?

Jabatan supervisor dalam suatu perusahaan merupakan jabatan yang memiliki wewenang untuk memberikan perintah kepada staf bawahannya. Begitu pula halnya dengan devisi marketing, seorang Supervisor Marketing adalah orang-orang yang melakukan identifikasi, mengembangkan serta menerapkan srategi jitu untuk bidang pemasaran pada perusahaan.

Tugas dari supervisor marketing ini kedepannya akan sangat berkaitan dengan manager perusahaannya. Pasalnya, seluruh hasil pekerjaan apabila terjadi penyimpangan, maka supervisor marketing akan melaporkan kepada Manager perusahaan.

Tugas Supervisor Marketing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwasannya tugas supervisor marketing yang utama adalah memimpin serta membimbing para bawahannya dalam melaksanakan stategi pemasaran secara maksimal. Tak sampai disitu saja, ternyata supervisor marketing juga memiliki tugas lain seperti:

  • Melakukan siaran pers dalam upaya meningkatkan promosi serta membuat sponsor acara eksternal.
  • Mengembangkan hubungan baik dengan beberapa pihak sekolah, organisasi masyarakat hingga beberapa lokasi bisnis setempat.
  • Koordinasi kepada media, wawancara serta menyimpan file dan dokumentasi pemasaran.
  • Memberikan arahan strategi, konsultasi dan evaluasi dengan suluruh anggota pemasaran.
  • Melakukan periklanan serta pemasaran eksternal.
  • Melakukan pengawasan di tingkat pemasaran, acara dan media yang berhubungan dengan masyarakat, periklanan dan juga promosi.
  • Mengukur, menganalisis hingga melakukan evaluasi program sesuai dengan kebutuhan.
  • Mengembangkan informasi serta meneliti informasi yang tersimpan sebagai standar grafis dan program pemasaran.
  • Menyiapkan strategi pemasaran serta merencanakan aksi dengan tujuan pemasaran yang lebih spesifik.

Tanggung Jawab Supervisor Marketing

Jika Anda sudah mengetahui beberapa tugas dari supervisor marketing, maka berikut ini telah penulis uraikan mengenai tanggung jawab supervisor marketing yang harus diketahui:

  • Melakukan analisis SWOT sesuai dengan kondisi wilayah dan marketnya.
  • Melakukan handling keluhan dari customer.
  • Mencari solusi serta permasalahan yang sedang terjadi dalam pemasaran agar dapat diselesaikan dengan cepat.
  • Membimbing dan mengarahkan serta memotivasi rekan kerjanya agar dapat bekerja secara optimal.
  • Mengkoordinir sesame rekan kerja untuk melakukan tugas sesuai dengan perintah dari perusahaan.
  • Menjalin hubungan yang sangat baik dengan semua konsumen.
  • Membuat rencana strategi pemasaran yang lebih efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan.
  • Mencatat serta menerima laporan secara lisan dan tertulis kepada manager apabila terjadi penyimpangan pada perusahaan.
  • Menyusun program kerja untuk jangka panjang dan jangka pendek.

Skill yang Harus Dimiliki oleh Supervisor Marketing

Berikut ini penulis juga memberikan informasi mengenai skill yang harus dimiliki seorang supervisor marketing:

  1. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada bawahannya.
  2. Dapat menyelesaikan masalah pemasaran dalam departemennya.
  3. Berfikir kritis dalam merencanakan promosi pada perusahaannya.
  4. Memiliki jiwa kepemimpinan untuk memimpin para bawahannya agar meraih tujuan pemasaran.
  5. Mampu mengatur waktu pekerjaan dengan lebih efisien dan efektif.
  6. Mampu memecahkan masalah pemasaran serta juga membuat solusi untuk permasalahan tersebut.
Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Daftar Isi