6 Plugin Statistik Pengunjung WordPress Terbaik

Plugin Statistik Pengunjung WordPress
Plugin Statistik Pengunjung WordPress

Ketika baru saja memiliki sebuah website, tentunya ada salah satu plugin yang sangat wajib di instal bagi pengguna WordPress. Plugin tersebut adalah plugin statistik pengunjung WordPress, dengan menggunakan plugin tersebut tentunya Anda akan bisa melihat tayangan pada situs, data sumber lalu lintas, sistem operasi yang digunakan, alamat IP, jumlah online user saat ini dan lain sebagainya.

Bahkan, Anda juga bisa melihat jumlah keseluruhan tayangan pada WordPress yang Anda kelola selama 7 hari terakhir, 30 hari terakhir dan beberapa bulan terakhir. Jika sebelumnya Anda menggunakan platform gratisan seperti Blogger, maka Anda tidak membutuhkan plugin statistik pengunjung WordPress ini.

Sebab, pihak Blogger itu sendiri sudah menyediakan dashboard menu dengan nama “Statistik“. Berbeda halnya seperti WordPress, mereka tidak menyediakan fitur tersebut. Sehingga, penggunanya diharuskan menggunakan plugin tambahan, plugin statistik pada WordPress juga terbilang banyak dan memiliki keunggulannya tersendiri.

Bacaan Lainnya

Lantas apa sih pentingnya menggunakan plugin statistik ini? Statistik bagi sebagian besar blogger tentunya sangat penting. Pasalnya, mereka bisa memantau artikel mana yang banyak dicari, mengetahui jumlah pengunjung, jumlah online dan beberapa informasi penting lainnya.

Sebenarnya tanpa menggunakan plugin tersebut juga bisa melihat statistik WordPress mereka, terus darimana dong caranya? Biasanya mereka bisa menggunakan Google Analytics lantaran digadang-gadang sangat akurat. Namun, saat ini banyak plugin statistik WordPress yang memiliki keakuratan layaknya Google Analytics.

Apa saja plugin tersebut? Berikut ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi atau referensi plugin statistik pengunjung WordPress yang wajib di install pada saat baru bermigrasi ke WordPress atau baru saja menggunakan CMS WordPress.

1. WP Statistics

WP Statistics

WP Statistics merupakan salah satu plugin statistik pengunjung WordPress yang paling saya rekomendasikan untuk Anda. Sebab, dengan menggunakan plugin ini Anda akan bisa memantau jumlah user yang sedang online, melihat postingan yang banyak dicari, melihat reffering domain, melihat statistik dari minggu terakhir, bulan terakhir hingga tahun terakhir.

Apabila Anda ingin menganalisis dengan lebih lanjut, maka Anda bisa menggunakan tools external yakni mengekspornya dari WordPress ke XML, CSV hingga TSC. Oh iya, plugin ini juga terbilang sangat akurat lantaran saya sendiri juga menggunakan WP Statistic.

2. Web-Stat

Web-Stat

Selanjutnya adalah Web-Stat yang dapat digunakan secara gratis dalam mengamati pengunjung yang berinteraksi dengan situs web Anda melalui laporan waktu nyata dan intuitif. Tak hanya itu saja, plugin ini juga mampu mendeteksi segala sesuatu yang dapat dideteksi dan manyajikan hasilnya dalam grafik yang jelas dan ramah pengguna.

Untuk menginstall plugin Web-Stats pada WordPress yang Anda gunakan juga cukup mudah, yakni hanya dengan dua langkah saja. Dimana, Anda bisa klik “Install” lalu “Aktifkan” maka akan secara otomatis Web-Stat akan terpasan dan siap mendeteksi pengunjung.

3. Jetpack

Jetpack

Sebagian besar dari mereka mungkin sudah mengetahui plugin Jetpack. Sebab, Jetpack sendiri telah merilis beberapa plugin unggulan seperti Jetpack, Jetpack Boost, Jetpack CRM dan Jetpack Backup. Dengan memiliki plugin ini juga Anda bisa lo dalam melihat perkembangan website seperti melihat jumlah trafik dan dapat menganalisanya.

Menariknya lagi adalah Jetpack bisa diakses dan di install secara gratis namun hanya dengan menikmati beberapa fiturnya saja. Jika Anda kurang puas dengan fitur yang diberikan, maka Anda bisa membayar versi premiumnya.

Plugin yang satu ini juga sudah di install lebih dari 5 juta instalasi aktif dan mendapatkan rating 4 bintang dari 1.776 pengguna aktif.

4. StatCounter

StatCounter

Plugin statistik pengunjung WordPress selanjutnya adalah StatCounter yang sudah cukup populer bagi seorang blogger, khususnya bagi mereka yang menggunakan CMS WordPress. Sebab, StatCounter sudah memiliki 100 ribu instalasi aktif dan mendapatkan rating 4,5 bintang. Dapat disimpulkan, plugin ini cukup direkomendasikan.

Sama halnya dengan Jetpack, StatCounter juga memiliki dua versi plugin yakni gratisan dan berbayar. Untuk paket gratisnya sendiri menawarkan fitur yang cukup baik, yakni statistik ringkasan dan statistik terperinci, melihat data klik, referral, tampilan halaman, masuk dan keluar halaman, perujuk, keyword, jalur pengunjung dan lain-lain.

5. Post Views Counter

Post View Counter

Dengan menggunakan plugin Post View Counter maka memungkinkan Anda dalam menampilkan beberapa kali sebuah posting, halaman atau jenis posting khusus telah dilihat dengan plugin yang sederhana ini. Fitur yang ditawarkan oleh Post Views Counter juga terbilang cukup banyak.

Beberapa diantaranya adalah kompatibel dengan pengaturan privasi Anda, widget statistik tampil di dashboard WordPress, mengatur jumlah tampilan untuk setiap posting, titik akhir REST API khusus dan masih banyak lagi.

6. MonsterInsight

MonsterInsight

Plugin statistik pengunjung WordPress selanjutnya adalah MonsterInsight yang dapat langsung dihubungkan dengan Google Analytics yang Anda miliki. Sehingga Anda dapat memulai membuat keputusan berdasarkan data untuk mengembangkan website Anda.

Berbeda halnya seperti plugin lainnya, MonsterInsight memungkinkan Anda mengaktifkan semua fitur pelacakan Google Analytics tingkat lanjut hanya dengan beberapa klik saja.

Saat ini MonsterInsight sudah di instal lebih dari 3 juta instalasi aktif dan mendapatkan rating 4,5 bintang dari 2.534 pengguna.

Itulah kiranya beberapa rekomendasi plugin statistik pengunjung WordPress yang dapat dipertimbangkan atau bisa dijadikan referensi menarik. Semoga dengan adanya artikel di atas bisa bermanfaat ya!

Rate this post

Pos terkait