15 Cara Mengaktifkan Shopee PayLater yang Dinonaktifkan

Cara Mengatasi Shopee PayLater yang Dinonaktifkan
Cara Mengatasi Shopee PayLater yang Dinonaktifkan

Berikut ini penulis akan menjelaskan penyebab dan cara mengaktifkan Shopee PayLater yang dinonaktifkan secara lengkap. Permasalahan yang satu ini umumnya karena kesalahan pada data pribadi mereka, sehingga akun Shopee PayLater tersebut dinonaktifkan oleh server.

SPayLater atau Shopee PayLater adalah salah satu layanan yang dihadirkan oleh ecommerce ternama di Indonesia, yakni Shopee. Dimana, dengan menggunakan layanan tersebut pengguna bisa berbelanja produk yang di impikan dengan cara cicilan atau bayar nanti.

Namun, apa jadinya jika Shopee PayLater dinonaktifkan? Tentu penggunanya tidak bisa melakukan transaksi menggunakan limit yang dimiliki. Bahkan, permasalahan ini seringkali terjadi di beberapa pengguna dan cukup ramai dibahas di media sosial.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, silahkan simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Shopee PayLater hingga penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Shopee PayLater Dinonaktifkan

Agar nantinya permasalahan Shopee PayLater yang dinonaktifkan bisa diatasi dengan mudah, ada baiknya Anda harus mengetahui penyebabnya. Ketika Anda tidak mengetahui penyebabnya, maka besar kemungkinan permasalahan ini tidak akan dapat diselesaikan. Berikut adalah penyebabnya yang wajib diketahui.

1. Aktivitas Mencurigakan di Shopee PayLater

Permasalahan yang pertama ini memang seringkali dijumpai oleh kebanyakan pengguna SPayLater, yakni dengan adanya aktivitas mencurigakan. Contoh yang dimaksud dari permasalahan ini adalah:

  • Membeli produk di Shopee dengan jumlah banyak dalam satu hari ke alamat yang sama serta menggunakan metode pembayaran Shopee PayLater.
  • Membeli produk di Shopee dengan melebihi limit yang ditentukan oleh Shopee PayLater.
  • Akun Shopee yang Anda gunakan melakukan Fake Order.

Jika Anda ingin menggunakan metode pembayaran Shopee PayLater, ada baiknya batasi pembelian produk di dalam aplikasi Shopee agar tidak dicurigai oleh sistem.

2. Data Pribadi Shopee PayLater Tidak Sesuai

Penyebab Shopee PayLater dinonaktifkan selanjutnya adalah data pribadi atau informasi yang dimasukan tidak sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Oleh karena itu, pada saat mengajukan SPayLater sebaiknya melakukan pengecekan ulang pada nama, alamat, kode POS dan lain sebagainya. Usahakan juga menghindari kesalahan ketik atau typo.

Selain informasi tersebut, ada salah satu hal yang sangat sering dialami adalah kesalahan dalam menginput nomor identitas KTP (Kartu Tanda Penduduk). Sehingga, akun Shopee PayLater yang Anda gunakan akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

3. Login Menggunakan 2 Perangkat dalam 1 Akun

Selanjutnya mungkin Anda login menggunakan 2 perangkat dalam 1 akun. Sebagai contoh, Anda memiliki akun Shopee yang sudah terdaftar. Nah, akun tersebutlah yang Anda masukan di dalam 2 perangkat tersebut. Sehingga, hal itu akan melanggar syarat dan ketentuan dari Shopee yang berlaku.

Mengapa demikian, kan itu smartphone milik pribadi? Meski demikian, pihak Shopee akan berandai-andai bahwasannya sedang adanya gerak gerik yang mencurigakan. Oleh sebab itu, akun Shopee PayLater Anda akan dinonaktifkan.

4. Shopee PayLater Sedang Mengalami Masalah

Jika semua hal di atas tidak pernah Anda lakukan dan semua data atau informasi sudah sesuai dengan KTP. Maka dapat disimpulkan permasalahan ini terjadi dikarenakan server Shopee sedang mengalami permasalahan atau error, ketika server error tentunya Shopee akan mengalami kerugian. Sehingga, mereka berupaya untuk memberhentikan pelayanan Shopee PayLater agar tidak dimanfaatkan lantaran ada celah dalam perbaikan sistem.

Sebaiknya tunggu saha hingga proses perbaikan berlangsung, untuk itu cek secara berkala apakah status Shopee PayLater pada akun Anda masih dinonaktifkan atau tidak. Untuk waktunya sendiri biasanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 1×24 jam.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater yang Dinonaktifkan

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, selanjutnya Anda sudah bisa simak ulasan berikut mengenai cara mengaktifkan Shopee PayLater yang dinonaktifkan dengan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh penggunanya.

1. Melalui Chat dengan Shopee

Perlu diketahui bersama bahwasannya aplikasi Shopee sendiri sudah menyediakan fitur bantuan alias bisa chat dengan Shopee secara langsung dengan cepat dan mudah. Bahkan, Customer Service dari Shopee siap membantu Anda kapanpun, baik itu diwaktu libur kerja dan sebagainya. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee.
  2. Kemudian klik menu “Saya“.
  3. Lalu scroll ke bawah dan pilih menu “Chat dengan Shopee“.
  4. Nantinya Anda akan dihadapkan dengan beberapa menu, pilih saja “Seputar SPayLater
  5. Setelah itu Anda akan dihubungkan dengan CS yang bertugas.

2. Melalui Contact Us di Website Shopee

Apabila Anda pengguna PC atau Laptop maka tidak perlu khawatir, pasalnya website Shopee juga sudah menyediakan halaman Contact Us yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya untuk menanyakan permasalahan yang ada. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan buka browser pada PC atau Laptop Anda.
  2. Kemudian klik link berikut ini untuk menuju ke laman resmi Shopee : https://help.shopee.co.id/s/contactusform.
  3. Setelah itu lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti:
    • Alamat Email
    • Bukti Permasalahan
    • Dan lain sebagainya
  4. Jika dirasa sudah lengkap klik tombol “Kirim“.
  5. Selesai dan tunggu respon melalui email.

3. Melalui Email Shopee

Adapun cara lain yang bisa lakukan yakni dengan menghubungi CS Shopee melalui email resmi dari Shopee. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah buka Email yang Anda miliki.
  2. Kemudian klik “Tambah Baru” atau “Tulis“.
  3. Nantinya Anda akan dihadapkan dengan beberapa menu, ikuti panduan di bawah:
    • Dari : emailanda@gmail.com
    • Kepada : support@shopee.co.id
    • Subjek : Shopee PayLater Dinonaktifkan.
  4. Untuk bagan “Tulis Email” silahkan lengkapi permasalahan Anda beserta lampirkan bukti screenshot.
  5. Jika sudah klik “kirim“.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat penulis sampaikan mengenai cara mengaktifkan Shopee PayLater yang dinonaktifkan beserta penyebabnya yang harus diketahui. Semoga dengan apa yang sudah disampikan pada artikel di atas bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi menarik, Terimakasih!

Rate this post

Pos terkait