
Arti Status Pengiriman SiCepat – Maraknya pengguna yang seringkali berbelanja melalui marketplace yang ada di Indonesia membuat banyak pilihan jasa pengirim di Indonesia cukup banyak. Semua dari jasa pengiriman tersebut tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan, baik itu dari ongkos kirim, pelayanan, dan masih banyak lagi.
Mungkin nama SiCepat sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang lantaran perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2004 silam dan memiliki visi sebagai penyedia ekspedisi modern pertama di Indonesia dengan mengedepankan solusi praktis bagi e-commerce yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, BukaLapak, dan masih banyak lagi.
Bahkan, SiCepat kini sudah menjadi pilihan pengiriman barang yang cukup banyak digunakan. Bahkan, Anda sendiri juga pasti sering menggunakannya lantaran proses pengirimannya cukup cepat meski resi yang ditujukan tidak mengalami perubahan pada sistem.
SiCepat Ekspres sendiri memiliki banyak istilah, kode, atau arti yang mungkin belum diketahui oleh penggunanya. Sehingga, banyak dari mereka yang mencari informasi mengenai arti status pengiriman SiCepat di Internet untuk memahaminya.
Berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai kode atau arti status pengiriman SiCepat Ekspres yang mungkin wajib diketahui oleh penggunanya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk simak ulasan dibawah ini secara seksama agar Anda lebih paham dengan beberapa istilah yang ada.
Jenis Pengiriman SiCepat Ekspres
Namun sebelum memahami arti status pengiriman SiCepat Ekspres, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai jenis pengiriman yang ditawarkan oleh ekspedisi yang satu ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut:
- Layanan Reguler: Layanan ini memberikan estimasi pengiriman dalam 15 Jam sampai dengan tariff regular tanpa adanya biaya tambahan. Akan tetapi, layanan ini hanya tersedia untuk wilayah Jabodetabek dan juga Bandung.
- Layanan COD: Apabila Anda ingin membeli sebuah barang pada marketplace yang ada di Indonesia dengan pembayaran Cash, maka Anda dapat memilih ekspedisi SiCepat dengan layanan COD. Tentunya, Anda akan membayar barang yang dipesan pada saat barang tersebut sampai. Layanan COD ini hanya tersedia di beberapa wilayah saja seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, dan juga Surabaya.
- Layanan Cargo: Jika Anda ingin membeli sebuah barang atau mengirim sebuah barang dengan berat paket minimal 5 Kg. Maka, Anda dapat memilih lanayan cargo dan menariknya lagi adalah layanan yang satu ini memberikan potongan hemat hingga 30% dan layanan Pick Up sehingga barang yang dipesan atau dikirim cepat sampai tujuan.
- Layanan Best: Layanan yang satu ini sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia dan barang yang dipesan akan cepat sampai dalam jangka waktu 1 hari atau 24 Jam. Tentunya, tarif dari Layanan Best ini cukup mahal lantaran proses pengirimannya yang singkat.
- SiCepat Go!: Layanan ini sangat cocok untuk mengirim barang ke luar negeri atau internasional dengan harga yang terbilang hemat, proses pengiriman aman, dan cepat sampai. Selain itu, SiCepat Go! Juga memberikan layanan Pick Up gratis dengan berat per paket maksimal 70 Kg, bahkan Anda akan mendapatkan tambahan diskon sebesar 10%.
- H3LO: H3LO atau singkatan dari Heboh 3 Kilo ini merupakan sebuah layanan yang dimana Anda hanya perlu membayar paket seharga 1 Kg saja dengan berat sebenarnya 3 Kg. Tentunya layanan ini dikhususkan untuk Anda yang sedang menggunakan service Reguler dan customer sosial media atau drop paket.
Kode & Arti Status Pengiriman SiCepat
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwasannya setiap ekspedisi tentunya memiliki kode dan arti status pengiriman yang berbeda-beda. Sehingga pengguna harus mengetahui kode dan arti status pengiriman dari ekspedisi yang Anda gunakan. Salah satu kode dan arti status pengiriman yang cukup mudah dipahami oleh penggunanya adalah SiCepat Ekspres.
Pasalnya hampir seluruh kode dan arti status pengiriman SiCepat Ekspres telah menggunakan bahasa Indonesia. Bagi Anda yang masih bingung atau penasaran dengan informasi lengkap mengenai kode dan arti pengiriman SiCepat, silahkan simak informasi berikut ini:
- Paket Destroy By Approval (PDA): Paket yang dirikim dihancurkan sesuai persetujuan pelanggan
- IN_HUB: Barang yang dikirim sudah masuk ke Hub SiCepat Ekspres
- Third Party (THP): Paket sudah dikirimkan ke pihak ketiga
- LOST: Paket yang dikirimkan hilang pada saat proses pengiriman
- Out: Paket yang dikirim sudah keluar dari gerai manifested
- Manifested: Status saat pertama kali barang masuk melalui PUDO / Gerai SiCepat
- Not At Home (NTH): Kurir sudah mengantarkan paket ke alamat tujuan. Namun, tidak ada penerima di rumah
- Reject By Customer (RBC): Kurir sudah mengantarkan paket ke alamat tujuan. Namun, paket ditolak
- Drop: Status setelah di drop di PUDO / Gerai SiCepat Ekspres
- Pick: Kiriman telah dijemput atau di pick up oleh kurir SiGesit
- Keluar ke Hub (OUT_BRANCH): Status akan muncul apabila keluar menuju Hub
- Cancel: Kondisi customer membatalkan pengiriman
- Un Pick (UNPI): Paket tidak dijeput oleh kurir
- OUT_HUB: Proses saat paket dari Hub keluar menuju ke gerai
- Antar (ANT): Paket sedang dikirimkan oleh kurir ke alamat tujuan
- Pick up Request (PICKREQ): Proses saat pelanggan telah melakukan permintaan pick up
- On Transit (OTS): Paket sedang dalam proses transit untuk dikirimkan ke alamat tujuan
- Delivered (DLV): Paket telah diterima oleh pelanggan
- Reject By Airport (RBA): Paket ditolak oleh pihak Bandara karena terindikasi ilegal
- Confiscated: Informasi dikirimkan ketika barang disita lantaran ilegal
- IN_LINEHAUL: Paket dalam proses masuk ke Surat Muatan Darat
- OUT_LINEHAUL: Paket sudah keluar dari Surat Muatan Darat dan menuju ke Gerai SiCepat Ekspres
- DETAINED_BY_CUSTOMS: Paket ditahan oleh pihak Bea Cukai
- Return To Warehouse (RTW): Paket dikembalikan lagi ke Warehouse
- Un Return To Shipper (UNRTS): Gerai asal dimana customer melakukan proses pengiriman barang mengirimkan tersebut ke gudang Return
- BROKEN: Paket dalam kondisi rusak pada saat proses pengiriman ke alamat tujuan
- Return To Pusat (RTN): Paket dikembalikan lagi ke pusat
- Return To Shipper (RTS): Paket dikembalikan lagi kepada pengirim
- Closed Once Delivery Attempt (CODA): Kantor dituju sedang tutup atau tidak beroperasi
- Antar Ulang (AU): Paket akan dikirimkan ulang ke alamat penerima
- Bad Address (BA): Paket dikembalikan lagi kepada pengirim
- Criss Cross (CC): Kesalahan alamat pengiriman dari pihak SiCepat saat input data alamat
- Cnee Unkown (CU): Penerima di alamat tujuan tidak dikenal
- COD Out Of Coverage (CODOC): Proses pengiriman COD tidak dapat dilakukan lantaran di luar jangkauan
Akhir Kata
Demikianlah informasi kali ini mengenai arti dari status pengiriman SiCepat Ekspres yang wajib Anda ketahui. Semoga dengan apa yang sudah saya ulas diatas bisa bermanfaat dan juga bisa dijadikan referensi untuk Anda. Apabila paket Anda sedang mengalami masalah atau tidak datang tepat waktu, alangkah baiknya hubungi customer service dari SiCepat yang siap membantu Anda hingga selesai.