Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Cicilan 12 Bulan & Penyebabnya

Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Cicilan 12 Bulan

Akulaku Tidak Bisa Cicilan 12 Bulan – Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah mengetahui sebuah aplikasi paylater terbaik di Indonesia. Salah satunya adalah Akulaku, di mana platform ini adalah marketplace yang memiliki berbagai layanan di dalamnya untuk menunjang kebutuhan hidup guna mencapai hidup yang lebih baik. Di sini, pengguna bisa berbelanja dengan sistem bayar nanti alias paylater, cicilan tanpa kartu kredit, cair tunai dari limit kredit, Akulaku Pay kredit barang di e-commerce lain, kredit pulsa, kredit handphone, dan lain-lain.

Akulaku sendiri berada di bawah naungan PT Akulaku Silvrr Indonesia yang sudah sangat populer dan sangat aman digunakan. Untuk mendapatkan pinjaman uang dalam bentuk tunai maupun cicilan, pengguna hanya perlu bermodalkan foto KTP dan informasi penting lainnya demi mendapatkan pinjaman tersebut.

Untuk metode pembayaran dengan sistem cicilan atau paylater. Setidaknya pengguna akan diberikan tenor angsuran mulai dari 3 bulan sampai dengan 12 bulan. Kendati demikian, tidak sedikit dari pengguna Akulaku yang mengeluh bahwa akun mereka tidak bisa melakukan cicilan atau paylater dengan tenor 12 bulan atau 1 tahun.

Akulaku tidak bisa cicilan selama 12 bulan meski limit masih tersedia tentunya akan membuat pengguna kebingungan. Terlebih lagi barang yang ingin mereka beli itu sangat penting dan sangat urgent. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini penulis akan bagikan informasi mengenai cara mengatasi akulaku tidak bisa cicilan 12 bulan beserta penyebabnya.

Penyebab Akulaku Tidak Bisa Cicilan 12 Bulan

Berkaitan dengan cicilan akulaku tidak bisa digunakan, penyebabnya sendiri bisa dari skor kredit yang cukup rendah ataupun faktor lain yang membuat akun Akulaku yang Anda miliki dibatasi pada saat memilih metode pembayaran tagihan dengan cicilan, khususnya dengan tenor 12 bulan.

Umumnya hanya sedikit dari pengguna Akulaku yang tidak bisa melakukan cicilan barang di platform ini. Penyebabnya mungkin pengguna masih memiliki tunggakan tagihan kredit yang belum dibayarkan sehingga pengajuan selanjutnya akan berstatus pending.

Tidak hanya itu saja, untuk mengetahui penyebab lengkapnya. Anda bisa langsung saja simak informasi sebagai berikut terkait penyebab Akulaku tidak bisa cicilan 12 bulan.

1. Informasi atau Data Pengguna Belum Lengkap

Demi memberikan keputusan seberapa besar kredit yang nantinya akan diterima pengguna. Umumnya pihak Akulaku menggunakan data pribadi yang Anda gunakan pada saat proses pendaftaran. Kalaupun nantinya proses pengajuan Anda ditolak, munkin terdapat beberapa informasi atau data yang belum lengkap. Oleh karena itu, sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan Anda sudah mengecek kembali data atau informasi Anda, apakah sudah sesuai atau belum.

2. Masih Memiliki Cicilan

Alasan lain kenapa Anda tidak dapat menggunakan limit Akulaku untuk cicilan adalah dikarenakan di dalam akun Akulaku masih memiliki cicilan yang belum dibayarkan atau lunas. Sehingga, membuat limit belum mencapai batas penggunaan sesuai harga barang belanjaan. Untuk itu, ada baiknya Anda membayar seluruh tagihan cicilan terlebih dahulu.

3. Skor Kredit Rendah

Bagi pengguna baru, tentu saja Anda harus memperhatikan ketika ingin menggunakan limit untuk membayar barang dengan cara cicilan atau paylater. Sebab, pada proses penggunaan limit cicilan Akulaku, setidaknya skor kredit memiliki peran yang sangat penting. Bagaimana tidak, apabila skor kredit akun Akulaku Anda memiliki skor kredit di bawah 700, maka Anda tidak akan bisa melakukan pembayaran cicilan atau kredit lagi.

Artinya, pada saat akun Akulaku tidak bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dengan cara cicilan. Ini penyebabnya karena akun Akulaku yang Anda miliki memiliki skor yang cukup rendah. Untuk itu, pastikan ketika Anda ingin melakukan kredit sudah mencapai minimal skor kredit 700.

4. Membeli Barang di Atas Limit Kredit

Tidak hanya skor kredit, Anda juga memiliki limit kredit yang tidak boleh dilampaui. Limit kredit ini merupakan batas kredit maksimum yang dapat Anda ambil di Akulaku yang berkisar diantara Rp500.000 rupiah sampai dengan Rp1.500.000 rupiah.

Apabila Anda tidak bisa melakukan cicilan barang di platform Akulaku, mungkin saja Anda membeli barang di atas limit kredit Anda miliki. Untuk mengecek limit kredit, Anda bisa langsung saja cek di aplikasi Akulaku Finance.

5. Melanggar Kebijakan

Setiap aplikasi paylater tentu saja memiliki kebijakan yang wajib untuk dipatuhi, tidak terkecuali Akulaku. Jika akun Anda tidak bisa melakukan cicilan selama 12 bulan, mungkin saja akun Anda melanggar kebijakan Akulaku yang sudah ditentukan. Contohnya seperti memalsukan indentitas pribadi, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Akulaku Tidak Bisa Cicilan 12 Bulan

Apabila Anda sudah simak mengenai penjelasan yang sudah penulis paparkan di atas. Lantas, apa langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi akulaku tidak bisa cicilan 12 bulan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung saja ikuti beberapa langkah-langkah yang penulis bagikan sebagai berikut.

  1. Pengguna Akulaku wajib untuk melunasi cicilan atau gagal bayar agar limit kredit kembali normal dan membuat limit mencukupi dalam melakukan transaksi sesuai dengan nominal yang akan dibeli nantinya.
  2. Anda bisa mencoba melakukan pembelian barang dengan cara cash dalam tempo 30 hari alias 1 bulan untuk meningkatkan skor kredit.
  3. Usahakan juga dalam membayar tagihan cicilan dengan tepat waktu yang tujuannya untuk meningkatkan skor kredit hingga batas minimal yaitu 700. Dengan begini, Anda bisa kembali melakukan cicilan di platform Akulaku.
  4. Cobalah untuk melakukan pinjaman dana tunai di Dana Cicil maupun KTA Asetku.
  5. Apabila semua cara di atas tak kunjung menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Maka, Anda bisa langsung menghubungi call center Akulaku.

Call Center Akulaku

Terdapat beberapa layanan call center Akulaku yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  • Customer Service : 1500920
  • Email : collection.indonesia@akulaku.com
  • Hotline Collection : 021-24112009

Ada baiknya Anda menghubungi call center Akulaku di hari kerja dan jam kerja agar mendapatkan respon yang cukup cepat. Jika Anda menghubungi di hari libur, biasanya akan mendapatkan respon yang cukup lama.

Akhir Kata

Dari semua penjelasan yang sudah penulis sampaikan di atas adalah untuk bisa menggunakan menu angsuran di aplikasi Akulaku, setidaknya pengguna wajib memiliki skor kredit minimal 700, memenuhi kebijakan yang ada, melunasi cicilan barang yang masih berjalan, dan lain sebagainya. Itulah kiranya pembahasan yang dapat penulis sampaikan terkait dengan cara mengatasi Akulaku tidak bisa cicilan 12 bulan beserta penyebabnya.

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Daftar Isi