Rincian Modal Usaha Minuman Boba dan Cara Memulainya

Rincian Modal Usaha Minuman Boba
Rincian Modal Usaha Minuman Boba

Rincian Modal Usaha Minuman Boba – Sejak awal hadirnya minuman boba pertama kali memang masih belum terlalu jelas. Berdasarkan dari informasi yang penulis himpun dari sumber terpercaya, minuman boba sendiri berasal dari sebuah kedai teh yaitu Chun Sul Tang Teahouse di Taichung, Taiwan pada tahun 1980an.

Pada tahun tersebut, kedai teh merupakan pemasok awal es teh susu yang ditambahkan ke dalam daftar menu. Kemudian, seorang karyawan yang bernama Lin Hsul Hui dari kedai Chun Shul Tang mencampurkan bola tapioka dari sebuah makanan penutup yang populer di Taiwan pada saat itu, yakni Fen Yuan ke dalam sebuah es teh susu.

Kemudian sejarawan makanan dan pembuat bubble tea setuju bahwasannya bubble tea kali pertama muncul di tahun 1980an di Taiwan yang berkembang pesat. Selanjutnya minuman boba ini menyebar ke Asia Timur pada tahun 1990an. Nah, tepat di tahun 200an minuman boba masuk di tanah air ketika gerai Quickly buka.

Bacaan Lainnya

Hingga kini, minuman boba memang sangat digemari di berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja, sampai dengan dewasa. Selain di menu teh, boba juga biasanya digunakan di menu-menu yang disukai oleh kebanyakan orang seperti kopi, pop ice, dan lain sebagainya.

Usaha minuman boba pun juga sangat mudah ditemukan di berbagai tempat seperti pasar malam, depan sekolah, pinggir jalan, komplek, kantin sekolah, dan lain-lain. Mengingat menu ini sangat diminati dan masih memiliki peluang, banyak dari mereka yang berminat dalam menjalankan usaha minuman boba ini.

Rincian Modal Usaha Minuman Boba

Dalam ulasan kali ini penulis akan membahas rincian modal usaha minuman boba. Oh iya, terdapat dua rincian yang akan penulis bagikan, yakni biaya investasi dan modal bahan baku untuk sebulannya. Langsung saja simak rincian sebagai berikut.

A. Biaya Investasi

Sewa Tempat per BulanRp500.000
Booth Container JualanRp10.000.000
Bahan Baku UsahaRp3.500.000
Karyawan per Bulan (Opsional)Rp1.500.000
Total KeseluruhanRp14.150.000

B. Modal Bahan Baku Sebulan

Setelah mengetahui rincian biaya investasi atau modal awal, selanjutnya Anda juga wajib untuk mengetahui rincian modal bahan baku yang penulis asumsikan untuk sebulan penuh.

Bahan UtamaQTYHarga
Tepung Tapioka25 kgRp625.000
Serbuk Minuman 20 rasa2 kgRp3.200.000
Gula Merah15 kgRp350.000
Es Batu@30pcsRp200.000
Susu Cream60 kalengRp550.000
Air Isi Ulang60 galonRp300.000
Cup3000 CupRp1.500.000
Plastik30 packRp150.000
Sedotan Besar12 packRp400.000
Cup sealer3 packRp100.000

Apabila ditotalkan, modal bahan baku untuk sebulan di atas adalah sebesar Rp7.375.000 rupiah.

Keuntungan Usaha Minuman Boba

Bukan hanya perlu menghitung rincian modalnya saja, Anda juga perlu memperhitungkan mengenai keuntungan yang nantinya diperoleh per bulannya. Nantinya ini juga akan membantu Anda menghitung berapa lama nantinya akan balik modal.

Penulis sendiri asumsikan bahwa minuman boba Anda laku terjual sebanyak 100 cup sehari dengan harga per cup Rp15.000, maka total pendapatan Anda per bulan adalah Rp45.000.000. Kemudian, Rp45.000.000 tersebut dikurangi dengan biaya operasional Anda sebulan. Setelah mendapatkan hasilnya, itulah keuntungan bersih Anda.

5 Cara Memulai Usaha Minuman Boba untuk Pemula

Setelah Anda mengetahui rincian modal usaha minuman boba beserta keuntungannnya, sekarang saatnya penulis membahas mengenai cara memulai usaha minuman boba yang sampai detik ini masih cukup populer.

1. Menentukan Konsep

Memulai usaha minuman boba untuk pemula yang pertama adalah menentukan konsep bisnis. Biasanya hal ini sejalan dengan konsep usaha boba yang menarik. Bagaimana cara Anda mengelola outlet menjadi tempat yang bisa mendatangkan pembeli atau pelanggan.

Baik itu Anda menentukan konsep tempat nongkrong, konsep kofe, atau mungking take awey yang berjualannya menggunakan kontainer saja? Lalu bagaimana dengan menunya. Apakah nantinya Anda menggunakan toping boba saja atau terdapat toping lain seperti oreo, meses, dan lain-lain.

2. Mencari Lokasi yang Strategis

Ketika ingin menjalankan suatu usaha, tentu saja Anda diwajibkan untuk mencari yang sangat strategis agar memiliki banyak pembeli maupun pelanggan nantinya. Beberapa contoh yang strategis menurut penulis adalah depan sekolah atau dekat sekolah, area kampus, perkantoran, mall, dan lain sebagainya.

3. Mencari Supplier Berkualitas

Cara memulai usaha minuman boba selanjutnya adalah mencari supplier berkualitas untuk memenuhi stok jualan Anda nantinya. Umumnya, bahan-bahan yang diperlukan adalah boba, bubuk minuman aneka rasa, es batu, air mineral isi ulang, teh, gula krim, cup, sedotan, dan lain-lain. Usahakan juga supplier tersebut memiliki barang yang berkualitas namun dengan harga terjangkau.

4. Sajikan Menu yang Bervariatif

Menyajikan menu yang bervariatif merupakan salah satu cara jitu memulai usaha minuman boba berikutnya. Disini Anda hanya perlu melakukan survei terhadap beberapa kompetitor mengenai variasi menu mereka.

Setelah Anda mengetahui menu mereka, Anda bisa mengikuti atau mungkin membuat menu yang memang belum dimiliki oleh kompetitor Anda.

5. Mempertimbangkan Kompetitor

Cara memulai usaha minuman boba yang terakhir adalah mempertimbangkan kompetitor di sekeliling Anda. Hal ini memang wajib diperhatikan lantaran tren minuman boba sudah berkembang pesat ke penjuru tanah air.

Anda juga bisa melakukan survei kepada kompetitor dan mencari kelebihan dan kekurangan dari kompetitor tersebut. Setelah mendapatkannya, Anda bisa mengisi kekosongan tersebut untuk menarik perhatian pelanggan.

Itulah penjelasan yang dapat penulis jabarkan mengenai rincian modal usaha minuman boba beserta cara memulai usaha minuman boba. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi mereka yang ingin menjalankan usaha boba ini, Semoga sukses!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *