4 Cara Komplain ID Express Terbaru dengan Mudah

Cara 20Komplain 20ID

Cara Komplain ID Express – Saat ini para seller mungkin sudah tidak perlu bingung lagi dalam mencari perusahaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi, hal ini dikarenakan dari waktu ke waktu saling bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang atau ekspedisi seperti ID Express. Meski ekspedisi ini terbilang sangat baru, namun layanan yang diberikan oleh seller tidak kalah apabila dibandingkan dengan beberapa perusahaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi ternama seperti JNE Express, J&T, SiCepat, POS Indonesia, Wahana Express, dan beberapa perusahaan ekspedisi lainnya yang ada di Indonesia.

ID Express sendiri mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dikarenakan sudah menjalin kerjasama dengan beberapa e-commerce yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, JD.ID, Lazada, dan masih banyak lagi. Tak hanya memberikan layanan terbaik saja, pelanggan atau konsumen juga diberikan sebuah fitur unggulan seperti cek resi untuk mengetahui paket tersebut berada. Apabila terdapat permasalahan pada paket seperti salah alamat, paket hilang, rusak, tak kunjung sampai dan sejenisnya. Maka konsumen atau pelanggan dapat mengajukan komplain.

Perusahaan ini sendiri memang sudah menyediakan ruang bagi mereka yang ingin melakukan komplain, namun ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang berlaku sehingga pengajuan komplain dapat diterima oleh pihak ID Express. Mengingat perusahaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi ini terbilang cukup baru, tentunya banyak dari mereka yang kebingungan dalam mengajukan komplain ID Express. Oleh karena itu, pada ulasan kali ini penulis akan membagikan sebuah informasi mengenai cara komplain ID Express dengan mudah.

Pengajuan komplain ini dapat dilakukan ketika pelanggan atau konsumen mengalami permasalahan seperti paket yang dikirim salah alamat, paket rusak pada saat proses pengiriman, paket hilang pada saat proses pengiriman, paket tertukar dengan paket lain, dan beberapa permasalahan lainnya. Untuk menjawab rasa penasaran banyak orang, berikut ini akan penulis jelaskan panduan atau tata cara komplain ID Express.

Cara Komplain ID Express

Sebelum memasuki ke pembahasan utama, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa layanan yang diberikan oleh ID Express seperti Standard Express yang dimana paket akan sampai dalam kurun waktu 3 sampai dengan 7 hari, IDlite Express yang dimana paket akan sampai dalam kurun waktu yang mirip dengan layanan ID Express, SMD Delivery yang dimana paket akan sampai dalam 1 hari, hingga Cargo Express yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jika Anda menggunakan salah satu layanan di atas, sebaiknya ketahui terlebih dahulu estimasi pengiriman yang dapat dilihat di aplikasi e-commerce yang Anda gunakan. Apabila memang melewati estimasi yang ditetapkan, maka Anda dapat mengajukan komplain ID Express melalui langkah-langkah berikut.

1. Melalui Call Center ID Express

Cara komplain ID Express yang dapat dilakukan adalah melalui call center ID Express yang terus beroperasi selama 24 jam. Sehingga, konsumen atau pelanggan dapat menghubunginya kapan saja hingga permasalahan tersebut diselesaikan oleh pihak ekspedisi. Namun, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki pulsa seluler setidaknya minimal Rp 5.000,- rupiah untuk melakukan panggilan agar dapat berjalan dengan lancar. Jika sudah memiliki pulsa, sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan buka Dial smartphone Anda masing-masing.
  2. Kemudian masukan atau tekan nomor 021-80823899.
  3. Lalu panggil nomor tersebut hingga tersambung dengan petugas ID Express.
  4. Setelah terhubung, nantinya pihak ID Express akan meminta Nama Lengkap, Alamat, Nomor Resi, dan informasi lainnya.
  5. Selanjutnya silahkan beritahukan kepada petugas bahwasannya Anda ingin mengajukan komplain.
  6. Sebaiknya berikan keterangan yang detail dan jelas agar mudah dipahami.
  7. Selesai.

2. Mendatangi Kantor ID Express

Kemudian Anda dapat mendatangi kantor ID Express yang ada di wilayah Anda masing-masing, jika tidak mengetahui alamat dari kantor ekspedisi ini, maka Anda dapat mencarinya di Google Maps dengan kata kunci “Kantor ID Express Terdekat”. Nantinya akan muncul informasi lengkap berupa alamat, kode pos, provinsi, kota, jam buka, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengajukan komplain, sebaiknya Anda membawa bukti berupa foto atau video pada saat barang tersebut di buka agar dapat ditangani oleh petugas ID Express yang berjaga.

3. Melalui Live Chat

ID Express sendiri berupaya dalam menunjang kenyamanan dan kepuasan bagi para konsumen atau pelanggan, dimana perusahaan ini telah menyediakan fitur Live Chat yang dapat diakses secara online melalui laman resmi ID Express. Sebelum mengajukan komplain, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki koneksi internet agar dapat membuka browser atau mengunjungi halaman website ID Express. Simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya:

  1. Silahkan kunjungi laman resmi dari ID Express melalui tautan berikut: https://idexpress.com/
  2. Apabila sudah berada di halaman utama dari ID Express, kemudian tunggu saja hingga proses loading website selesai.
  3. Jika sudah selesai, silahkan klik icon chattingan yang berada di pojok kanan bawah.
  4. Nantinya akan terdapat beberapa pilihan seperti Pengecekan Status Pick Up, Pengecekan Status Pengiriman, Pengajuan Kerjasama, dan Komplain.
  5. Selesai.

4. Melalui Media Sosial

Setiap perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi tentunya memiliki media sosial, salah satunya adalah ID Express. Dimana, media sosial dari ID Express juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komplain apabila paket yang Anda terima mengalami permasalahan. Setidaknya, berikut ini penulis sudah merangkum media sosial resmi dari perusahaan ID Express yang dapat Anda hubungi:

  • Facebook : https://www.facebook.com/idexpressofficial
  • Twitter : https://twitter.com/idexpress_care
  • Instagram : https://www.instagram.com/idexpress_official/

Akhir Kata

Dapat disimpulkan bahwasannya proses pengajuan komplain ID Express sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan cepat lantaran ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh penggunanya. Sebelum mengajukan komplain, sebaiknya sertakan bukti berupa screenshot, foto, ataupun video apabila barang atau resi mengalami permasalahan, keterlambatan, dan lain sebagainya. Itulah kiranya informasi ini mengenai cara komplain ID Express yang dapat dilakukan oleh konsumen-nya, Semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Daftar Isi