Tabel Angsuran Sinarmas 2022 : Syarat, Bunga & Biaya

Tabel Angsuran Sinarmas

Tabel Angsuran Sinarmas – Simarmas adalah salah satu perusahaan pembiayaan terpopuler di Indonesia. Dimana perusahaan ini melayani pembiayaan mobil baru, mobil bekas, motor baru, motor bekas sampai dengan pembiayaan dana tunai untuk para nasabahnya.

Selain itu, ada berbagai jenis angsuran atau pinjaman yang diberikan oleh PT Sinarmas Multifinance seperti KPR, KTA, Mikro, Petani Sawit dan lain sebagainya. Pada setiap pinjaman juga nantinya akan memiliki tabel angsuran dengan tenor, plafon hingga nominal cicilan yang berbeda.

Dengan adanya tabel tersebut tentunya akan memudahkan Anda dalam menentukan jumlah pinjaman hingga kemampuan dalam proses peluanasannya. Menariknya lagi dari perusahaan ini adalah memberikan suku bunga yang rendah, sehingga tidak memberatkan para kredit atau nasabah Sinarmas.

Bacaan Lainnya

Untuk mengetahui itu semua, berikut ini penulis akan memberikan ulasan lengkap mengenai tabel angsuran Sinarmas, biaya, suku bunga, jenis dan sebagainya secara rinci agar mudah dipahami. Langsung saja simak artikel di bawah ini secara seksama.

Jenis Angsuran Sinarmas

Sampai tahun ini setidaknya Sinarmas sudah tercatat 6 (enam) jenis layanan pemberian dana, yang mana masing-masing jenis tersebut memiliki pengertian sebagai berikut dan sangat wajib diketahui sebelum mengajukan angsuran.

1. Kredit Mikro Sinarmas

Jenis angsuran Sinarmas yang satu ini diperuntukan bagi mereka yang ingin mengembangkan usaha berskala mikro. Dimana pinjaman atau hutang ini nantinya dapat dipakai untuk modal kerja, untuk membuka cabang baru, pengadaan mesin produksi, pembuatan gudang sampai dengan pembelian kendaraan untuk operasional usaha.

Untuk pinjaman ini juga bisa diajukan dengan jaminan sertifikat rumah ataupun ruko. KM Sinarmas sendiri terbagi menjadi dua yakni Simarmas UKM dan KUK. Untuk Sinarmas KUK dengan plafon Rp50 juta sampai dengan Rp 500 juta, dengan tenor 6 sampai 60 bulan.

Sementara itu, untuk Sinarmas UKM dengan plafon Rp500 juta sampai dengan Rp2 miliar dengan tenor 8 sampai 84 bulan.

2. KUR TKI Sinarmas

Selanjutnya adalah KUR TKI Sinarmas yang hanya dapat diajukan oleh mereka yang berstatus pekerjaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Meski bernama KUR, namun kredit usaha TKI Sinarmas juga masih tergolong sebagai KTA.

Sebab TKI Sinarmas tidak membutuhkan jaminan BPKB motor atau mobil sampai dengan sertifikat tanah. Sementara itu, besaran dana pinjaman dari KUR TKI hingga mencapai Rp25 juta rupiah dengan tenor yang bisa disesuaikan dengan jangka waktu kontrak kerja.

3. KMU Petani Sawit

Sesuai dengan namanya, jenis angsuran KMU Petani Sawit ini hanya diperuntukan bagi mereka para petani sawit guna meningkatkan produk lahan miliknya serta memelihara lahan sawit. Akan tetapi, KMU Sinarmas hanya bisa diberikan kepada anggota koperasi mitranya. Untuk jenis angsuran KMU Sinarmas Petani Sawit mampu memberikan dana di atas Rp150 juta rupiah dengan tenor 60 bulan.

4. Supply Chain Financing

Kemudian ada Supply Chain Financing atau yang disingkat SCF. Dimana nasabah harus bekerja sebagai distributor, supplier atau mungkin retailer. Sementara itu, besaran uang pinjaman dari Supply Chain Financing menyesuaikan nilai transaksi bulanan Anda. Lalu tenor angsuran dari Supply Chain Financing adalah 12 bulan atau 1 tahun.

5. KTA Payroll Sinarmas

Jenis angsuran Sinarmas kelima adalah KTA Payroll Sinarmas, dimana jenis angsuran ini hanya diperuntukan bagi mereka yang berstatus sebagai karyawan atau pegawai tetap. Fasilitas yang diberikan oleh jenis angsuran KTA Payroll Sinarmas ini adalah memberikan pinjaman dana sebesar Rp200 juta rupiah dengan tenor 60 bulan saja.

6. KTA Sinarmas Agri

Terakhir adalah KTA Sinarmas Agri yang merupakan permodalan perseorangan di bidang perikanan, pertanian, peternakan sampai dengan perkebunan. Untuk dana yang dapat dipinjam bisa mencapai Rp200 juta rupiah dengan tenor 60 bulan atau maksimal 5 tahun.

Bunga dan Biaya Sinarmas

Bunga dan biaya permohonan cicilan Sinarmas mempunyai ketentuan untuk setiap jenis angsuran sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Agar dapat dicerna dengan baik, berikut ini penulis sudah membuatkan tabel bunga dan biaya Sinarmas yang wajib diketahui.

Bunga Angsuran Sinarmas

Jenis Angsuran Suku Bunga
Kredit Mikro Sinarmas UKM 15 – 17% per tahun
Kredit Mikro Sinarmas KUK 0,9 – 1,25% per bulan
KUR TKI Sinarmas 9% per tahun
KMU Petani Sawit 0,9% – 1,25% per bulan
Sinarmas Agri 15% per tahun
Payroll Sinarmas 0,8% per bulan

Biaya Angsuran Sinarmas

Jenis Angsuran Biaya Administrasi Biaya Provosi
Kredit Mikro Sinarmas UKM Rp200.000 – Rp2.000.000 1%
Kredit Mikro Sinarmas KUK Rp200.000 – Rp2.000.000 1%
KUR TKI Sinarmas 3% besaran plafon yang dipilih 1%
KMU Petani Sawit Rp750.000 – Rp1.500.000 1%
Sinarmas Agri Rp300.000 Gratis
Payroll Sinarmas Rp100.000 – Rp500.000 Gratis

Syarat Kredit Sinarmas

Syarat Angsuran Sinarmas

Jika Anda sudah mengetahui mengenai informasi di atas seputar jenis angsuran dari Sinarmas beserta biaya dan suku bunga yang dibebankan. Alangkah baiknya Anda simak juga syarat dan ketentuan kredit Sinarmas terlebih dahulu, setidaknya inilah beberapa syarat dan dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan angsuran dari Sinarmas. Berikut ulasannya:

  • Warna Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Diharuskan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ingin meminjam dana di atas Rp50 juta rupiah.
  • Wajib memiliki rekening Bank Sinarmas.
  • Tidak sedang menerima kredit dari bank lain yang ada di Indonesia.
  • Wajib lolos BI Checking alias tidak masuk ke daftar hitam.

Tak sampai disitu saja, nasabah juga harus menyiapkan beberapa dokumen penting lain untuk mengajukan angsuran Sinarmas. Dimana permohonan tersebut bisa disetujui apabila telah memenuhi persyaratan berupa dokumen berikut:

  • Foto copy KTP pemohon dan pasangan.
  • Foto copy Akte Nikah atau Cerai.
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK).
  • Foto copy SKU/SIUP/SKDU/TDP.
  • Foto copy mutasi rekening 3 bulan terakhir.
  • Foto copy slip gaji atau surat keterangan penghasilan lainnya.
  • Foto copy kepemilikan jaminan seperti BPKB/SHGB/SHM, terkecuali pengajuan KTA.
  • Dokumen khusus lainnya sebagai berikut:
    • Sinarmas Agri : RAB AGRI, surat referensi pihak ketiga.
    • Payroll Sinarmas : Surat keterangan bekerja dari perusahaan.
    • KUR TKI Sinarmas : Foto copy paspor, surat pengajuan ke lembaga keuangan, perjanjian kerja.
    • KMU Petani Sawit : Bukti anggota koperasi dan surat rekomendasi pengurus.

Tabel Angsuran Sinarmas

Ketika sudah memahami pembahasan di atas dengan baik, berikut ini penulis akan memberikan contoh tabel angsuran Sinarmas yang di dapat dari berbagai sumber terpercaya.

Tabel Angsuran Sinarmas
Tabel Angsuran Sinarmas
Tabel Angsuran Sinarmas

Perlu ditekankan bahwasannya tabel angsuran Sinarmas di atas bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti peraturan dari PT Sinarmas Multifinance (Sinarmas Finance).

Kelebihan dan Kekurangan Sinarmas

Kelebihan dan Kekurangan Sinarmas

Untuk bisa memabandingkan pelayanan dari Sinarmas dengan perbankan lainnya yang ada di Indonesia, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan dari PT Sinarmas Multifinance di bawah ini.

Kelebihan Sinarmas

  • Menyediakan KTA.
  • Tenor yang sangat panjang.
  • Menyediakan pengajuan secara online.
  • Menyediakan KUR khusus.
  • Pilihan pinjaman tergolong cukup banyak.
  • Plafon dana yang diberikan cukup besar.

Kekurangan Sinarmas

  • Jaringan pelayanan atau operasional tidak begitu luas.
  • Membebankan biaya administrasi.

Call Center Sinarmas

Apabila Anda masih belum mendapatkan informasi yang sudah penulis jelaskan di atas, maka Anda bisa langsung menanyakannya kepada Customer Service resmi dari Sinarmas melalui kontak atau layanan yang telah penulis dapatkan dari situs resminya.

  • Call Center : (021) 501 88888 atau 1500153
  • Instagram : @BankSinarmas
  • Facebook : @BankSinarmas
  • Twitter : @banksinarmas

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini terkait dengan tabel angsuran Sinarmas beserta informasi lainnya seputar biaya, suku bunga, syarat, call center hingga kelebihan dan kekurangannya yang dapat penulis sampaikan. Semoga dengan adanya ulasan di atas bisa bermanfaat, khususnya bagi mereka yang ingin mengajukan angsuran ke Sinarmas.

Rate this post

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.